Senin, 10 Desember 2012

Perkembangan Teknologi Kian Cerdas



          Di zaman modern ini, teknologi bukanlah hal asing bagi kita semua. Teknologi cerdas sudah menjamur dalam kehidupan sehari-hari. Peranan teknologi dimasa kini sudahlah sangat penting, Contoh kecil adalah barang-barang elektronik dirumah kita. Dahulu televisi masih berbentuk tabung , saat ini sudah ada yang berbasis Smart Tv. Komputer dahulu memiliki
ukuran yang sangat besar hingga menempati satu ruangan, tetapi saat ini ukuran komputer bisa mencapai beberapa militer saja yang diciptakan oleh Sehat Sutardja.

Perkembangan teknologi. 
                  “Di dalam komputer itu tidak terlalu rumit,” tutur Sutardja yang dilahirkan di Jakarta kepada New York Times. Menurut CEO Marvell itu, di dalam komputer colok itu hanya ada beberapa chip dan sangat hemat energi karena listrik yang digunakannya hanya sebesar yang digunakan untuk mengisi baterai telepon seluler. Sutardja mengerahkan ribuan pakar di perusahaannya, Marvell Technology Group untuk menciptakan komputer tersebut. Bentuk komputer itu hanya sebesar adaptor laptop yang langsung dimasukkan ke dalam colokan listrik. Di dalam kotak mungil itu tersimpan chip Marvell berkekuatan 1.2 gigahertz yang menjalankan fungsi layaknya prosesor komputer umumnya dan menjalankan sistem operasi Linux. Kita patut bangga karena komputer terkecil di dunia ini diciptakan oleh warga Indonesia. 
Teknologi semakin hari semakin cerdas.  Dulu  teknologi nirkabel generasi pertama  merupakan sistem analog dengan kecepatan rendah (low-speed) dan suara sebagai objek utama , tapi saat ini sudah ada teknologi 4G yang jauh lebih maju. Selain komputer terkecil di dunia, penemu koneksi  4G adalah orang Indonesia pula.  Penemuan teknologi 4G berbasis OFDM oleh Khoirul Anwar diawali dengan ide mengurangi daya transmisi untuk meningkatkan kecepatan transmisi data. Penurunan daya dilakukan hingga 5dB saja (100.000 = 10 pangkat 5 kali lebih kecil dari teknologi sebelumnya) dan hasilnya kecepatan transmisi meningkat.


Pada paten keduanya, Khoirul Anwar kembali membuat dunia kagum, kali ini adalah menghapus sama sekali guard interval/GI, tentu saja ini malah membuat frekuensi yang berbeda akan bertabrakan, alih-alih menambah kecepatan.

Penemu koneksi 4G ini adalah alumni Teknik Elektro ITB dengan cumlaude di 2000, kemudian melanjutkan pendidikan di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) dan memperoleh gelar master di tahun 2005 serta doktor pada 2008. Beliau juga penerima IEEE Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) 2006, di California.

Selain Sehat Sutardja dan Khoirul anwar, ada beberapa penemu-penemu muda, yaitu :

1. Mark Zuckerberg 

Ketika menciptakan situs jejaring sosial facebook, Mark Zuckerberg baru berusia 19 tahun. Ia membuat Facebook untuk membantu membangun jejaring sosial bagi remaja di kampusnya saat itu, Universitas Harvad, Amerika Serikat.


2. Stave Shih Chen dan Jawed Karim

Keduanya adalah pencipta dari situs “berbagi video online”, YouTube. Mereka mendirikan YouTube pada 2005. Ketika itu, Chad berusia 28 tahun dan Steve 27 tahun.

Pada Oktober 2006, YouTube diakuisisi (diambil alih kepemilikannya) oleh Google. Nilainya: 1,65 miliar dollar AS (Rp16,9 triliun).


3. Jerry Yang dan David Filo
Pada tahun 1995, kedua orang ini menemukan Yahoo!, situs mesin pencari kedua terbesar seteleh Google. Saat itu, Jerry berusia 26 tahun dan Fillo 28 tahun.

4. Matt Mullenweg
Matt Mullenweg adalah pencipta situs penyedia blog gratisan: WordPress. Ia beru berusia 19 tahun ketika mulai menciptakan cikal bakalnya.


5. Larry Page dan Sergey Brin

Keduanya merilis Google pada 4 September 1998. Saat itu, mereka baru berusia 25 tahun dan 24 tahun. “Kantor” pertama mereka adalah garasi.
Google, mesin pencari yang bisa menampilkan segala jenis informasi ini, disukai banyak orang – terutama para mahasiswa. Maka, hanya dalam tempo waktu beberapa tahun saja, Google bisa berkembang amat pesat dan meraup keuntungan miliaran dollar AS. Kini, Google bisa disebut sebagai mesin pencari nomor satu di dunia. 

Dengan berkembangnya teknologi ini sebenarnya memiliki berbagai macam dambak. Entah itu positif maupun negatif. Berikut beberapa dampak yang disebabkan oleh adanya perkembangan teknologi dilihat dari berbagai bidang :



Bidang Informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dan kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya antara lain:

1. Kita dapat berkomunikasi secara cepat dengan teman atau keluarga kita yang jauh melalui internet dan Handphone.
2. Lebih cepat mendapatkan informasi terbaru memalui internet.
3. Lebih praktis dengan adanya internet banking dan Sms banking.
4. Lebih menghemat waktu dengan adanya toko-toko online di internet.

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan    teknologi computer tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
1.       Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris
2.       Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.

Bidang Budaya
Pada bidang kebudayaan perkembangan teknologi sangat berdampak negatif, seperti :
1. Kurangnya pola interaksi secara langsung antarmasyarakat.
2. Meningkatnya perilaku yang menyimpang di kalangan remaja.
3. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
Walaupun begitu, dibidang budaya juga terdapat beberapa dampak positifnya :
1. Terkenalnya budaya-budaya Indonesia dengan menggunakan berbagai macam media di internet.

Bidang Pendidikan
Teknologi Informasi mempunya peran yang sangat penting bagi dunia pendidikan. Yaitu:
1. Sebagai media pembelajaran.
2. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dan hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
3. Mempermudah siswa untuk mencari berbagai informasi.
4. Pendaftaran sekolah secara online dapat menghemat waktu.

Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:
1.    Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dan permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi hams berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
2.    Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.

0 comments:

Posting Komentar

Design by: Ghina Rahimah. Diberdayakan oleh Blogger.